UJIAN MID SEMESTER
KO/ EKSTRAKURIKULER
Tentang
PERMAINAN DALAM KELAS DAN DI LUAR KELAS
Dosen Pembina
Dr. Yeni Karneli.,M.Pd.,Kons

Oleh kelompok 6
1.
Dewi Sriani NIM 1204805
2.
Riza Putri NIM 1100614
BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Permainan merupakan suatu sarana
hiburan yang diminati dan dimainkan oleh banyak orangbaik dari kalangan
anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Permainan ini terdiri dari permainan
tradisional dan permainan modern. Permainan berasal dari kata “main” yang
artinya melakukan sesuatu kegiatan untuk menyenangkan hati, baik menggunakan
alat, maupun tidak.
Bermain adalah kegiatan yang sangat
dekat dengan dunia anak. Kegiatan ini dapat dilakukan secara perorangan maupun
berkelompok. Jenis permainan, jumlah peserta serta lamanya waktu yang
dialokasikan untuk bermain, tergantung pada keinginan serta kesepakatan yang dibuat
oleh para peserta. Permainan digunakan sebagai istilah luas yang mencakup
jangkauan kegiatan dan prilaku yang luas serta mungkin bertindak sebagai ragam
tujuan yang sesuai dengan usia anak.
Permainan tradisional atau biasa
disebut folkgames ini, perlahan terasa mulai terpinggirkan.
Bahkan melalui film kartun yang diproduksi oleh Negara tetangga, beberapa
permainan anak tradisional terkesan bukan lagi menjadi milik bangsa Indonesia.
Melalui tontonan tersebut, anak Indonesia mengenal permainan tersebut sebagai
tuntunan yang justru disajikan oleh bangsa lain. Kini, semua anak mulai beralih
memainkan gadget-gadget cangih.
Permainan modern yang saat ini
menjadi idola baru bagi anak-anak dinilai kurang mendidik, cenderung
individual, materialistis, ingin menang sendiri, dan masih banyak efek negatif
lainnya. Ironis memang, permainan modern yang sebagian besar berasal bukan dari
negara sendiri, justru semakin digemari. Padahal, permainan tradisional dapat
menjadi identitas warisan budaya bangsa ditengah keterpurukan kondisi bangsa
saat ini.
B. Rumusan Masalah
- Permainan outdoor
- Permainan indoor
A. PERMAINAN (INDOOR)
DALAM KELAS
1)
INJAK
KORAN
Deskripsi Permainan
Nama
permainan : Injak koran
Tujuan
: 1. Melatih kerja
sama antar anggota kelompok
2. Melatih kreativitas
3. Kepercayaan kepada teman sekelompok
4. Melatih keseimbangan badan
5. Pengorbanan untuk diinjak temen, untuk
berhimpit-himpitan
Alat
yang digunakan : Koran, stopwatch,
speaker, flasdish
Waktu
: 10
menit
Tempat : Dalam kelas/ ruangan
Sasaran
: Siswa SMA kelas
XI
Jumlah
peserta : 8 orang
Cara penilaian : Bagi kelompok yang semua anggota kelompoknya bisa
berdiri dengan tegap di atas koran yang tidak jatuh maka dialah pemenangnya.
Dan akan mendapat hadiah. Bagi kelompok yang kalah diminta untuk menampilkan
bakatnya secara bersama-sama.
Cara
bermain :
- Membagi siswa menjadi 2 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang. Pisahkan kelompok yang laki-laki dengan yang perempuan
- Suruh masing-masing kelompok berdiri dan berkumpul sesuai dengan anggota kelompoknya
- Bentangkan selembar koran di tengah arena bermain tepat di depan masing-masing kelompok.
- Siapkan musik dengan menggunakan speaker yang dilengkapi dengan flasdish
- Jelaskan langkah bermainnya kepada semua kelompok,
a. Ketika
musik sudah mulai diputar, minta semua anggota kelompok untuk bergoyang ke
depan (tengah area permainan)
b. Ketika
musik berhenti diputar, semua anggota dari masing-masing kelompok harus
berhenti bergoyang dan berlari menuju korannya masing-masing untuk menginjakkan
kedua kakinya di atas koran yang telah dibentangkan sebelumnya dan kaki dari
anggota kelompok tidak boleh ada yang keluar dari bentangan Koran.
c. Dalam
waktu 2 menit semua kelompok harus sudah berdiri di atas koran. Kemudian
Pemimpin permainan mencek apakah ada anggota kelompok yang kakinya keluar dari
Koran, jika ada maka akan didiskualifikasi dan tidak boleh mengikuti permainan
lagi
d. Kemudian
musik dimainkan lagi dan semua anggota kelompok keluar dari bentangan Koran
bergoyang kembali, lalu pemimpin permainan melipat Koran menjadi setengah dari
bentangan sebelumnya.
e. Dan
ketika musik berhenti dimainkan lagi maka semua anggota kelompok harus
menginjakkan semua kaki anggotanya di atas Koran yang telah dilipat tadi
seperti sebelumnya, gimanapun caranya yang penting semua anggota kelompok bisa
masuk dan menginjakkan kakinya di atas Koran
f. Dan
selanjutnya dilipat seperempat lalu lanjutkan seperti langkah (e)
g. Dan
bagi kelompok yang bertahan sampai akhir permainan maka itulah yang menjadi
pemenangnya dan mendapat hadiah.
Kesimpulan
: Apa yang dirasakan para
peserta permainan? Diharapkan peserta bahagia mengikuti permainan dan kompak
dalam mensiasati bagaimana caranya bisa semua anggota kelompok bisa berdiri di
atas koran yang lipatannya semakin kecil.
2) ZAG ZIG ZOG
Deskripsi
permainan
Nama
permainan : Zag zig
zog
Tujuan : 1. Melatih
konsentrasi semua peserta
2. Melatih daya ingat
3. Melatih kecepatan berfikir dan bertindak
Alat yang
digunakan : Tangan (untuk
menunjuk), Mulut (untuk berbicara)
Waktu : 5 menit
Sasaran : Siswa SMP
kelas VIII
Jumlah
peserta : 8 orang
Tempat : Di dalam
kelas/ruangan
Cara bermain :
setelah semua peserta berdiri melingkar katakana kuncinya zaq ziq zoq maka
strategi bermainya yaitu:
1)
Peserta pertama yang
ditunjuk untuk memulai permainan harus mengatakann ziq sambil menunjuk salah
satu teman (terserah)
2)
Kemudian teman yang telah
ditunjuk oleh peserta pertama harus mengatakan zaq sambil menunjuk teman yang
lain lagi
3)
Setelah itu teman kedua yang
ditunjuk mengatakan zoq dan sambil menunjuk teman yang lain, dan kembali pada
langkah (1) begitu seterusnya
4)
Jika dalam waktu 2 detik
salah satu peserta tidak mengatakan kunci ( zaq/ziq/zoq) maka akan
didiskualifikasi dan permainan dilanjutkan lagi sampai jumlah peserta yang
didiskualifikasi ada 4 orang.
5)
Dan bagi peserta yang sudah
didiskualifikasi diminta untuk menampilkan bakatnya bersama
B. PERMAINAN
(OUTDOOR) DI LUAR KELAS
- PECAH PIRING
Deskripsi
permainan
Judul : Pecah
piring
Tujuan :
1. Untuk melatih
kebersamaan dalam tim.
2. Melatih
ketangkasan dalam melempar.
3. Melatih konsentrasi dalam bertindak.
4. Melatih membuat
strategi dalam bermain.
Tempat : Di lapangan (tanah)
Waktu : 30 menit
Jumlah Peserta : 10 orang
Sasaran : Siswa SD kelas VI
Manfaat :
Dengan pengalaman seorang siswa akan mudah dalam
memahami serta mengetahui mana
yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.
Peralatan : 1. Bola kasti
2. Pecahan genting
Aturan
Permainan :
1. Pecahan genting
disusun keatas sebanyak 12 buah,
bagi regu jaga
berada di sekitar tempat dimana genting tadi disusun
2. Regu satunya
bertugas melempar bola kasti dengan sasaran susunan genting tadi dengan jarak
sekitar 7-10m.
3. Jika susuna
genting roboh maka regu jaga menata kembali dan kemudian beruaaha mengenakan
bola ke badan regu yang melempar.
4. Regu pelempar
harus selalu berusaha untuk merobohkan susunan genting.
Kesimpulan
: Bagaimana perasaan
peserta setelah mengikuti permainan? Diharapkan peserta menikmati permainannya
dan mampu bekerja sama dengan anggota kelompoknya untuk menyusun pecahan
genting. Dan ini akan bermanfaat bagi peserta permainan untuk melatih
ketnagkasan mereka dalam bemain.
2.
KOSONG-KOSONG
Nama
permainan : Kosong – kosong
Tujuan :
1) Permainan
ini dapat membawa suasana gembira dan menyenangkan bagi anggota kelompok
2) Dapat
membina suasana keakraban dan
kebersamaan anggota kelompok
3) Dapat
membawa suasana kelompok yang dalam keadaan tegang menjadi bersemangat kembali
Jumlah Peserta : 8 orang
Sasaran Umum :
1) Semua
anggota kelompok (tidak dibatasi umur)
2) Pembimbing
kelompok tidak ikut bermain, dan menjadi pengelola permainan
Strategi
Permainan:
1) Anggota
kelompok dibagi menjadi 2 kelompok sama banyak
2) Setiap
kelompok bernyanyi sambil berbalas-balasan kata
3) Kelompok
yang mendapat kesempatan pertama menyanyikan bersama-sama “kosong-kosong,
kosong-kosong, kosong apa sekarang……..sekarang kosong apa, kosong apa
sekarang?”kemudian kelompok yang ke dua memikirkan jawaban/ balasan dan
langsung menjawab sambil menyanyikan juga, seperti “kosong botol, kosong botol,
kosong botol sekarang…..sekarang botol apa, botol apa sekarang?” dan begitu
seterusnya
Jika
nantinya ada kelompok yang tidak dapat membalas nyanyian tersebut, maka
kelompok itu dinyatakan kalah dan diberi hukuman oleh anggota kelompok yang
menang
Terimakasih...
BalasHapussangat membantu.......
terimakasih, ijin copy buat referensi sosialisasi disekolahan ya :)
BalasHapus